Minggu, 09 Juni 2013

TIPS MEMBAGI WAKTU DENGAN BAIK

“Waktu adalah uang”….. yah itu lah kalimat yang taka sing algi di telinga kita…. Waktu itu sangant berharga…untuk itu saya akan mencoba memberikan beberapa tips agar waktu kita tidak terbuang. Berikut adalah tips-tipsnya…. :
1.        Jadikan waktu belajar di kelas adalah waktu terbaik untuk belajar.
a.       Siapkan materi sebelum pelajaran dimulai. Kalau kamu hanya mempunyai sedikit waktu untuk membaca seluruh materi, banyak-banyaklah bertanya. Ulangi membaca materi terakhir secara kilas supaya kamu tidak banyak bengoong pada waktu guru menerangkan materi baru.
b.      Dengarkanlah dengan serius apa yang diterangkan gurumu dan cobalah untuk mengulang kembali materi yang baru saja kamu dapat dengan bahasamu sendiri. Hal ini untuk menghindari “system belajar kebut semalam” karena mater pelajaran akan lama tersimpan di otak.
2.        Buat daftar harian
a.       Tulislah secara singkat 5 tugas yang harus dikerjakan, baik urusan sekolah atau pribadi, berurutan mulai dari yang paling penting kea rah yang kurang penting.
b.      Buatlah juga rencana kecil yang hendak kamu lakukan hari ini, misalnya membaca 5 halaman pelajaran biologi.
3.        Rencanakan jadwal mingguan
a.       Buatlah agenda mingguan yang berisikan jadwal pelajaran, kegiatan ekstrakurikuler atau les tambahan, tugas rumah, jam tidur. Tulislah semua supaya terlihat urutan waktunya. Jangan lupa sisakan baris kosong untuk kegiatan yang mendadak muncul di kemudian hari.
b.      Usahakan meluangkan waktumu setiap minggu untuk belajar selama 2 jam per mata pelajaran di sekolah.
4.        Gunakanlah waktu siangmu sebaik mungkin.
a.       Di sekolah, kamu dapat membaca materi pelajaran terlebih dahulu sebelum guru masuk kelas. Begitu juga sesudah pelajaran selesai, buatlah ringkasan kecil tentang materi yang baru saja diterangkan gurumu. Supaya lebih mudah diingat, tulislah materi tersebut dalam kartu-kartu kecil atau tulislah di tempat lain yang mudah di baca kembali.
b.      Utamakan waktu belajarmu semaksimal mungkin ketika hari masih terang. Usahakan juga mencari tempat belajar yang sunyi atau tidak berisik supaya kamu dapat berkonsentarasi.
5.        Buatlah kalender semester pribadi.
a.       Berilah penanda pada kalender dinding atau kalender meja untuk setiap kejadian tertentu, seperti tanggal ujian atau tanggal pembagian rapor.
b.      Tulislah semua tanggal khusus tersebut beserta kegiatannya dalam alender kecil yang dapat di bawa ke mana saja. Contoh yang baik adalah di buku agenda harian atau daily planner.
6.        Kerjakan sedapat mungkin.
a.    Kalau ada perlengkapan belajar yang tidak dimiliki, carilah cara lain yang hasinya sama supaya tidak menjadi alas an penghambat.
b.    Usahakan bekerja sebaik mungkin sesuai dengan kemampuan. Tidak perlu sempurna 100% tetapi yang penting mencoba terlebih dahulu
7.        Konsentrasi dan focus.
a.       Dalam setiap kegiatan, usahakan untuk tetap focus dan konsentrasi pada kegiatan yang sedang diikuti, misalnya dengan bersikap aktif.
b.      Supaya aliran darah tetap berjalan, istirahatlah selama 5-10 menit setiap 30-40 menit kegiatan.
8.        Berjalanlah lurus sesuai jadwal rancanamu. Beranilah berkata “tidak” pada hal-hal yang dapat merusak rencanamu tadi.
9.        Tetapkan batas waktu untuk segala rencana atau cita-cita kecilmu. Jika kamu berhasil mencapainya, berilah penghargaan atas jerih payamu itu.
10.    Hargailah diri sendiri dengan membuat rencana, jadwal dan cita-cita yang sesuai dengan kondisi pribadimu.

 
-->Nah,,,,itu adalah beberapa tips yang bias yang berikan buat pembaca sekalian….semoga bermanfaat….. :)
Reaksi:

1 komentar:

  1. Kami Menyediakan vidio sabung ayam yang dari bertarung , ngawin , tarungan 2 lawan 1 , tarungan si besar dan si kecil , ingin tau video nya ? hanya di BBM: BOLAVITA / WA: +6281377055002

    BalasHapus