Jumat, 06 Juni 2014

Metode Galerkin

Dalam matematika, khususnya bidang analisis numerik, metode galerkin merupakan metode yang digunakan untuk mengubah masalah operator kontinu (seperti persamaan differensial) ke masalah diskret. Dalam prinsipnya, metode ini mirip penerapannya dengan metode variasi ke ruang fungsi dengan mengubah parsamaannya ke formulasi lemah. Yang secara khusus menerapkan beberapa batasan pada ruang fungsi untuk menggolongkan ruang pada suatu himpunan terbatas dari basis fungsi. Seringkali pada penggunaannya, metode Galerkin menyajikan juga metode approksimasi yang biasa digunakan pada umumnya, seperti metode Petrov-Galerkin atau metode Ritz-Galerkin.
Pendekatan berharga oleh matematikawan Rusia Boris Galerkin. Sejak keindahan metode Galerikin terungkap dalam cara yang sangat abstrak dari studi mereka, maka pertama kali kita akan memberikan abstrak turunannya. Pada akhirnya, kita akan memberikan contoh untuk penggunaannya.
Contoh-contoh metode Galerkin adalah:
  1. Metode elemen berhingga
  2. Metode elemen pembatas untuk menyelesaikan persamaan integral
  3. Metode sub ruang Kyrlov
     Misalkan kita memasukkan metode Galerkin pada sebuah masalah abstrak yang merupakan suatu formulasi lemah pada ruang Hilbert yaitu V, jika diketahui   sehingga untuk setiap   maka


adalah benar. Sekarang   adalah bentuk bilinear (penjelasan yang eksak atas  akan ditentukan selanjutnya) dan f adalah operator linear pembatas pada V.
Pilih sub ruang   dengan dimensi yang lebih kecil (sebenarnya, kita akan mengasumsikan bahwa indeks n menujukkan dimensinya) dan memecahkan masalah yang perhitungkan. Jika diketahui   dan untuk setiap  maka :
Kita akan menyebut persamaan ini sebagai persamaan Galerkin. Dengan catatan bahwa persamaan ini tidak dapat diubah dan hanya ruangnya yang dapat diubah.
Hal ini merupakan sifat mendasar yang membuat analisis matematika dari metode Galerkin sangat jelas. Karena  , kita dapat menggunakan   sebagai vector dalam persamaan awal. Substitusi persamaan yang kedua, kita dapati ortogonalitas Galerkin untuk galat
Sekarang,   adalah galat antara solusi masalah awal u dan persamaan Galerkin   secara berturut-turut.
Karena tujuan dari metode Galerkin adalah membentuk sistem persamaan linear, maka kita membangun bentuk matriksnya, sehingga dapat digunakan untuk menghitung solusi dengan program computer. Misal   basis untuk  Maka hal ini cukup untuk menguji coba persamaan Galerkin, sebagai contoh: Diketahui   sehingga
Kita akan mengembangkan  menjadi basis seperti ini,  dan memasukkannya kedalam persamaan di atas, sehingga diperoleh 
untuk i = 1, . . . , n.
Dalam persamaan sebelumnya, sebenarnya merupakan sistem persamaan linear   dimana.




Dalam  kaitannya dengan definisi dari matriks entry, matriks dari persamaan Galerkin adalah simetrik jika dan hanya jika bentuk bilinear  adalah simetrik.
Analisis dari Metode Galerkin
Sekarang, kita akan membatasi diri kita pada bentuk bilinear simetrik, yaitu
 




Karena ini bukan benar-benar sebuah batas dari metode Galerkin, aplikasi dari teori standar ini menjadi sangat mudah. Selanjutnya, metode Petrov-Galerkin dibutuhkan dalam kasus non-simetrik. Analisis dari metode ini dihasilkan dalam dua langkah. Yang pertama, kita akan menunjukkan bahwa persamaan Galerkin adalah well-posed problem menurut Hadamard dan oleh karena itu kita mengakui persamaan ini sebagai solusi yang tunggal. Pada langkah kedua, kita mempelajari pendekatan sifat dari solusi Galerkin .
Analisi ini kebanyakan akan mengacu pada dua sifat dari bentuk bilinear, yakni:



  • Pembatasan: untuk setiap   adalah benar bahwa untuk                   konstanta C > 0.
  • Eliptisitas: untuk setiap setiap   




Menurut teorema Lax-Milgram, ada dua kondisi implikatif well-posedness dari masalah awal dalam formulasi lemah. Semua kaidah dalam bagian berikut ini akan dinormalisasikan untuk pertidaksamaan benar di atas (kaidah ini sering disebut juga kaidah energy). 
Karena   pembatasan dan eliptisitas dari bentuk bilinear berlaku bagi   . Oleh karena itu, Well-posedness dari metode Galerkin sebenarnya diturunkan dari Well-posedness dari masalah awal.
Galat  antara solusi awal dan solusi Galerkin mengenal estimasi sbb:

Ini artinya, bahwa sesuai dengan konstanta  solusi Galerkin   adalah mendekati solusi awal u sebagai vector lainnya dalam Faktanya, hal ini cukup untuk mempelajari pendekatan dengan ruang   , dengan sepenuhnya melupakan tentang persamaan yang ssedang diselesaikan.
Bukti



Karena buktinya sangat sederhana dan prinsip dasar dibalik semua metode Galerkin yaitu eliptisitas dan pembatasan pada bentuk bilinear(pertidaksamaan) dan ortogonalitas Galerkin, kita punya   sehingga :
Bagi dengan   dan ambil semua kemungkinan hasil akhir infimum lemma .

Reaksi:

2 komentar:

  1. There are many opportunities for online tutors in subjects ranging from mathematics to language. Possible students are many and varied. You might teach your native language to people living in other countries via VoIP. Another possibility is to tutor schoolchildren, high schoolers or college students in a subject in which you specialize. Sabung ayam online Sbobet can work with an online tutoring agency or set up your own website Sbobet to begin.

    BalasHapus
  2. sabung ayam yang sedang berlaga dan langsung kawin Penasaran ? Hubungi kami di BBM: BOLAVITA / WA: +6281377055002

    BalasHapus